Kehidupan Sejati bercumbu dengan Gusti

Manusia memiliki kehidupan sempurna dari makhluk-makhluk Allah lain di Bumi fana' ini. Manusia termasuk makhluk yang sempurna dari hamba-hamba yang memiliki nyawa fiissamawatiwalardh. 

Manusia juga menempati posisi mulia jika dekat dengan Tuhannya melebihi dekatnya urat nadi detak jantungnya. 

Manusia lebih kejam perlakuannya melebihi hewan/binatang sekaligus jika tidak tahu tata krama dan tidak mementingkan kepentingan ajaran agamanya. 

Manusia tidak akan berguna/bermanfaat jika tidak mampu berfikir menggunakan akalnya untuk memikirkan untuk apa kehidupan dunia ini diadakan. 

Dunia diberikan tuhan sebagai panggung berdiri sebelum berbaring terlentang kaku hingga berabad-abad lamanya sampai isrofil meniup Sangkakala memporak-porandakan seisi alam jagat raya. 

Sudahkah kita persiapkan senjata melawan, senjata bertahan atau senjata menjadi pameran panutan???

Berapa banyak tuhan berikan jalan dan ajaran untuk menempuh hal tersebut agar dapat mulus dijalani secara prinsip, agar dapat menjadi bagian dari orang yang dalam masa hayatnya dapat bermanfaat bagi kelompok nya terutama atas dirinya dan tuhannya, 

salah satunya dengan mengenali diri sendiri secara telanjang. 

Menurut kalangan yang masyhur ahli tasyawwuf mengatakan "barangsiapa yang mengenal tuhannya maka ia akan mengenal dirinya dan barangsiapa yang mengenal dirinya niscaya dia mengenal tuhannya"... 
Penulis akan mencoba berbagi dan menjabarkan apa makna 'Tasawwuf' dan strategi menghadapi kebahagiaan dunia pada hakikatnya tertuang dibawah ini. 

Beberapa literatur resmi menurut ahli (Kitab Karya Al-Jurjani) mengklasifikasikan bahwa :

Pertama. tasawuf adalah mengamalkan tata cara dan hukum hukum syariat secara lahiriah. Dari sikap lahiriah inilah seseorang menemukan hikmah dari batiniah, dan Menangamalkan hukum hukum syariat secara batiniah. 

Lantas dari sikap batiniah seperti inilah pelakunya menemukan hikmah pada syariat lahiriah, sehingga keduanya tersebut pelakunya akan mencapai kesempurnaan. 

Kedua. Tasawuf merupakan sebuah Madzhab, yang secara keseluruhan berisi keseriusan, sehingga mereka tidak mencampuradukkan nya dengan satu hal pun yang sia sia. 

Ketiga. Tasawuf yaitu membersihkan hati dari sifat sifat manusiawi, menjauhi akhlak hewani, menghapus watak-watak kemanusiaan; menghindari keinginan keinginan nafsu, dan mengisi hati dengan nilai nilai ruhaniah; 

menguasai ilmu ilmu hakikat, mengamalkan segala hal yang paling utama sepanjang masa; menyampaikan nasihat-nasihat baik kepada Ummat manusia, memenuhi segala perintah allah dengan benar, dan mengikuti syariat yang diajarkan Rasulullah SAW. 

Keempat. Tasawuf dapat diartikan sebagai perilaku meninggalkan sikap ikhtiar. 

KelimaTasawuf bermakna mencurahkan segala tenaga dan menumpahkan rasa cinta kepada tuhan yang disembah. 

Keenam. Juga dikatakan bahwa tasawuf itu mencegah anggota tubuh dari mengikuti ajakan/hasrat/keinginan hawa nafsu. 

Ketujuh. Dijelaskan bahwa tasawuf merupakan suatu perbuatan menghindar diri dari keinginan melanggar perintah Agama. 

Kedelapan. Tasawuf itu pergaulan yang intim nan suci bersama Allah, dan pangkalnya adalah dengan mengosongkan hati daripada kepentingan duniawi. 

Kesembilan. Tasawuf adalah bersabar menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan nya. 

Kesepuluh. Tasawuf adalah mengabdi pada kemuliaan, tidak memaksakan diri, dan berjuang dengan sungguh sungguh. 

Terakhir dikatakan bahwa tasawuf yaitu mengedepankan hakikat, berbicara secara detail, dan tidak mengharapkan apa yang ada ditangan manusia. 

Sementara dalam peradaban orang suku sasak Pulau Lombok dikenal dengan "ilmu dalem(bathin)".

Demikianlah bahasan yang tepat dalam mencari jatidiri kebahagiaan sejati menjadi hamba Allah yang beriman dan berIslam. 

#Wallohua'lam
#priridirig

Belum ada Komentar untuk "Kehidupan Sejati bercumbu dengan Gusti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel