Pembelajaran Cooperative Learning
Beberapa hal dalam karakteristik pembelajaran kooperatif learning meliputi:
- Pembelajaran Secara Tim
- Didasarkan pada Manajemen Kooperatif
- Kemauan untuk Bekerjasama
- Keterampilan Bekerja sama
Ada tiga tujuan dikembangkannya cooperative learning diantaranya
1. Hasil Belajar akademik
2. penerimaan terhadap keragaman dan
3. pengembangan keterampilan sosial.
Ada empat elemen dasar belajar kooperatif diantaranya yaitu:
a. Saling ketergantungan positif.
Dalam interaksi kooperatif guru diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang mendorong anak-anak untuk saling berinteraksi dan saling menumbuhkan sikap positif.
b. Interaksi tatap muka
Dalam interaksi positif semua siswa diharapkan saling bertatap muka sehingga mereka dapat melakukan dialog dan dapat mengembangkan komunikasi yang efisien.
c. Akuntabilitas individual
Dalam kelompok belajar kooperatiftiap anggota kelompok dituntut untuk memberikan andil bagi keberhasilan kelompoknya.
d. Keterampilan menjalin hubungan dengan siswa
Dalam pembelajaran kooperatif keterampilan sosial bermanfaat untuk menjalin hubungan dengan siswa lain tentang materi pmbelajaran yang diajarkan dan dilatihkan (Menurut Lie, 2004:31)
Selain itu, terdapat empat tahapan keterampilan kooperatif yang harus ada dalam model pembelajaran kooperatif yaitu :
1) Forming (pembentukan) yaitu keterampilan yang dibutuhkan untuk membentuk kelompok dan pembentuk sikap yang sesuai dengan norma.
2) Functioning (pengaturan) yaitu keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatur aktivitas kelompok dalam menyelesaikan tugas dan membina hubungan kerja sama diantara anggota kelompok.
3) Formating (perumusan) yaitu keterampilan yang dibutuhkan untuk pembentukan pernahaman yang lebih dalam terhadap bahan-bahan yang dipelajari
4) Fermenting (penyerapan) yaitu keterampilan yang dibutuhkan untuk merangsang pernahaman konsep sebelum pembelajaran sehingga diperoleh kesimpulan.
Agar pembelajaran kooperatif dapat berjalan secara efektif, unsur-unsur pembelajaran kooperatif yang perlu ditanamkan pada siswa sebagai berikut :
1) Siswa harus memiliki persepsi secara bersama-sama
2) Siswa memiliki tanggung jawab terhadap tiap siswa lain dalam kelompoknya dalam mempelajari materi yang dihadapi
3) Siswa harus berpandangan sama sehingga memiliki tujuan yang sama
4) Siswa membagi tugas dan tanggung jawab yang sama dengan anggota kelompok
5) Siswa dilakukan evaluasi atau penghargaan yang akan berpengaruh terhadap evaluasi seluruh anggota kelompok.
6) Siswa akan diminta pertanggungjawaban individual, tentang materi yang dlipelajari dalam kelompok kooperatif.
Belum ada Komentar untuk "Pembelajaran Cooperative Learning"
Posting Komentar