Strategi Pemb. Melalui Bernyanyi (STKIPHA) Lotim //S-4//
Salah satu manfaat dari bernyanyi ini
antara lain, anak merasa enjoy dan senang
dalam belajar sehingga dapat menerima
materi dengan mudah (Fadlillah, 2012:175-
176). Sehingga dengan anak-anak mendapatkan kedua ini akan merasa nyaman dan betah terhadap apa yang mereka pelajari/belajarkan
Walaupun demikian maka, bernyanyi dapat dibelajarkan sesuai dengan konsep dan metode pendekatan yang dilakukan dan tentu dalam setiap metode pembelajaran pastilah memiliki keunggulan dan kelemahan termasuk juga metode bernyanyi ini, menurut Amin (2016:214) berikut ini merupakan keunggulan dan kelemahan metode bernyanyi.
Keunggulan,
mudah, murah, sederhana, dan
menyenangkan., pengetahuan / pesan
pesan moral yang disampaikan dapat
melekat dalam ingatan anak dalam jangka
waktu yang cukup lama.
Kelemahan metode bernyanyi adalah pengetahuan yang diperoleh sifatnya teoritik juga imajinatif. Kemungkinan pula hal ini tidak dapat diterapkan untuk cabang ilmu sains dan teknologi.
Kemudian metode bernyanyi akan memberikan efek yang cukup besar dalam proses pembelajaran jika dilaksanakan dalam cara kerja yang sesuai dengan perkembangan dan kondisi dilingkungan sekitar, Adapun urutan cara kerja dalam penggunaan pembelajaran dengan metode bernyanyi meliputi berikut (Amin, 2016:213).
- Guru menyiapkan tema materi pelajaran yang ingin disampaikan kepada murid.
- Guru mencari jenis lagu atau musik tertentu yang disukai anak.
- Guru memodifikasi olah vokal lagu/musik tersebut sesuai dengan isi materi pelajaran yang ingin disampaikan.
- Guru memberi contoh cara menyanyikan lagu/music tersebut kepada murid.
- Guru dan murid menyanyi bersama, jika perlu diiringi dengan tari-tarian atau menggerak-gerakkan kepala
Dengan demikian dapat diartikan bahwa metode
bernyanyi merupakan metode pembelajaran
yang menggunakan nyanyian sebagai
wahana belajar anak. Sebab perlu diketahui
bahwa anak menurut fitrahnya menyukai
intonasi nada dan ritme yang enak
didengar.
Selain itu bernyanyi adalah
kegiatan yang sangat disukai anak maka
dari itu kegiatan pembelajaran akan mudah
diserap/tersampaikan karena melakukannya dengan riang dan gembira. Bernyanyi
juga merupakan alat bagi anak untuk
mengungkapkan pikiran dan perasaannya
sehingga dapat memudahkan anak dalam
mengungkapkan apa yang anak rasakan.
Belum ada Komentar untuk "Strategi Pemb. Melalui Bernyanyi (STKIPHA) Lotim //S-4//"
Posting Komentar