" VISITASI AKREDITASI " di Usia ke-Emas-an.

Semenjak berdiri nya, ia tetap konsisten menjadi lembaga yang mengayomi kebutuhan masyarakat terutama yang bergerak di bidang pendidikan anak usia dini. Kurang satu tahun setelah diletakkan fondasi utama lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Al Ma'rifuddin Ahmad Selaparang ( YAMAN ) NW ini, mulai terus berbenah dan menjadi idola bagi semua terkhusus bagi para orangtua yang memiliki anak usia dini guna menyiapkan generasi penerus masa depan.
 
Anak Usia Dini sering kali disebut "Golden Age" Atau dengan kata lain Usia Ke-emasan. Dimana usia ini merupakan usia yang memiliki tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang konkrit yang dalam teori John Locke yang hidup pada abad ke - 17 Dalam filosofinya yaitu, tabula rasa. Mengatakan bahwa pikiran (manusia) ketika lahir berupa "Kertas Kosong" Jika di dijaga/dihias dengan bagus maka akan mendatangkan hasil yang baik pula jika proses tersebut sebaliknya maka sudah tentu akan menghasilkan ketentuan yang tidak diinginkan. Maka, untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu pendidikan anak harus dilakukan sejak usia dini untuk dapat mengenal pendidikan sesuai dengan amanat Undang-undang "mencerdaskan kehidupan bangsa".

Dalam UU Sisdiknas Anak usia Dini didefinisikan sebagai Anak yang sejak janin dalam kandungan sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang dikelompokkan atas janin dalam kandungan sampai lahir, dengan rentang usia 28 (dua puluh delapan) hari, usia 1 s/d 24 (dua puluh empat) bulan, dan usia 2 s/d 6 (enam) tahun. Sementara Berdasarkan Undang-undang No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, pasal 1 ayat 1, Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. 

Anak usia Dini kemudian diberikan lembaga pendidikan khusus oleh pemerintah dengan nama Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pendidikan Anak Usia Dini secara regulasi termasuk dalam kategori pendidikan non formal. Sedangkan dari Jalur Formal dinamakan ia Taman Kanak-kanak (TK).  

Yayasan YAMAN berdiri sekitar tahun 2023 yang lalu dengan tujuan untuk mengembangkan pendidikan, keagamaan dan sejenisnya. Saat ini Yaman memiliki lembaga pendidikan bernama TAMAN KANAK-KANAK JANNATUL MA'WA AL MA'ARIF NW.  TK JANNATUL MA'WA AL MA'ARIF sebagai wujud eksistensi Yaman dalam bidang pendidikan yang terus mengepakkan sayapnya untuk berkontribusi kepada bangsa dan negara khususon bagi masyarakat Teko dan sekitarnya. 

TK JANNATUL MA'WA AL MA'ARIF NW TEKO terletak di Dusun Bagek Anjar Desa Teko kecamatan Pringgabaya Kab. Lombok Timur. Merupakan satu-satunya lembaga formal di bidang Anak Usia Dini dengan dua kelompok belajar (Kelompok A dan Kelompok B). 

Kiprah TK Jannatul Ma'wa Al ma'arif sudah dirasakan oleh masyarakat mulai sejak berdirinya pada bulan Juni Tahun 2023. Tidak lama setelah didirikan dan atas kerjasama serta Swadaya masyarakat TK Jannatul Ma'wa Al Ma'arif NW telah memiliki gedung sendiri di atas tanah wakaf sejumlah 6 Are +-. Hal ini pula telah diakui bukan hanya secara sosial masyarakat melainkan adanya Izin Operasional diiringi Keluar-nya NPSN sebagai bukti pembelajaran ditempat ini sudah berlangsung dan memenuhi kriteria. 

TK Jannatul Ma'wa Al Ma'arif NW terus berbenah dan menyempurnakan pembelajaran serta menyiapkan Sumber daya manusia/tenaga pengajar yang kompeten di bidang-nya. Bahkan di usia yang cukup belia atau setara anak usia dini ini kembali membuktikan diri untuk melakukan prosedur pengakuan lebih mendalam oleh pemerintah secara prosedural. 

Hal itu dibuktikan pada Tanggal 30 Mei 2024 TK Jannatul Ma'wa Al Ma'arif NW mendapat jadwal kunjungan visitasi Akreditasi dari Badan Assesor Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (BAN-PDM) Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan tentu setelah melalui beberapa rangkaian prosedur sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Dokumentasi Akreditasi TK Jannatul Ma'wa Al- Maarif NW


Visitasi Akreditasi ini di pimpin oleh Ibu Suzana, S. Pd., M. Pd. dan Ibu Hj. Diana Rahmawati, S. Ag., M. Si. Berdasarkan SK BAN-PDM Provinsi NTB. Kedatangan-Nya pun di Sambut Oleh ketua Yayasan YAMAN NW Teko Al Ustadz Doktor (cand) Khairul Huda, S. Pd., M. Pd di dampingi oleh kepala TK dan Guru lainnya. 

"TK yang termasuk masih belum apa-apa tetapi luar biasa sudah melakukan Akreditasi. Alhamdulillah. Pertama-pertama tujuan kami ialah untuk Silaturahmi ke Bapak Ibu serta tentu juga untuk menjalankan tugas. Kapan lagi akan kita bisa seperti ini kalau tidak ada kegiatan saat ini. Kedatangan kami juga untuk memastikan mensinkronkan laporan tentang apa yang sudah ada di data/sistem kami dengan apa yang ada di Sekolah Saudara semuanya, jadi tidak perlu tegang. Santuy saja" Ucap Salah satu Assesor dalam sambutannya. 

Kegiatan dilakukan selama 8 Jam mulai dari pukul 7 Pagi hingga berakhir waktunya sesuai dengan schedule yang ada. 

" Sebenarnya tujuan dari visitasi ini salah satunya antara lain adalah meningkatkan mutu dalam suatu lembaga/sekolah sesuai dengan regulasi dan aturan yang berlaku juga berdasarkan ketetapan berdasarkan kriteria-kriteria penilaian. " Sambungnya. 

Harapan kami semoga kedatangan Ibu Assesor dapat memberikan ilmu ilmu baru/pemahaman pemahaman bagi para guru guru yang ada di TK Jannatul Ma'wa Al Ma'arif NW ini. "ucap ketua yayasan".

Suasana mulai terasa lebih dekat daripada menit sebelum nya. Terlihat dari senyum berseri-seri para Dewan Pendidik yang khidmat mendengarkan penjelasan, saran dan masukan. 

" Kami juga disini ikut belajar kepada bapak ibu sekalian. Bukankah menuntut ilmu itu mulai sejak dari buaian ibu sampai liang lahat?! Jangan hanya orang barat punya prinsip long life education. Tetapi kita juga tetap harus bersemangat. " Ujar Ibu Hj. Diana dalam wejangan nya.

Semoga dengan kedatangan ibu-ibu Assesor ke tempat kami ini menjadikan lebih baik lagi dari sebelumnya, tentu harapan kami dengan kegiatan visitasi Akreditasi ini menjadi pemacu semangat kami untuk terus mengabdi dengan penuh keikhlasan dan kesabaran demi kemaslahatan orang banyak. Tutup Ibu Rini selaku bendahara. 

"Dan mudah mudahan kedepannya TK ini menjadi TK Percontohan di beberapa tahun berikutnya di wilayah atau daerah sekitarnya". Cetus Ibu Suzana. 

Dengan demikian, semoga Proses Visitasi Akreditasi yang dilakukan pada hari ini di TK Jannatul Ma'wa Al Ma'arif NW mendapatkan hasil yang terbaik. Atas dasar keberanian juga komitmen dari seluruh Guru/Pendidik mempertahankan nawaitunya guna menghadapi proses tersebut selama berlangsung nya Akreditasi hingga usai. Akhirnya semoga cita-cita dan harapan, niat hajat nya dari hasil kegiatan ini mendapatkan nilai yang diharapkan. 
 
Wallahu a'lam. 

Belum ada Komentar untuk "" VISITASI AKREDITASI " di Usia ke-Emas-an."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel