Pringgabaya Tuan Rumah: Pelantikan dan Pembekalan Panwaslu Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Se-Kabupaten Lombok Timur

Atas nama Tuhan yang maha Esa bersumpah akan bekerja dengan sungguh sungguh yang adil dan cermat demi tegaknya demokrasi dan keadilan di Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Petikan Sumpah Janji PKD".
Hari yang bersejarah bagi seluruh calon anggota panitia pengawas pemilihan kelurahan/desa, dan bukan suatu kebetulan kegiatan pelantikan ini bertepatan pada Hari lahir Pancasila Tanggal 1 Juni 2024 Berlangsung juga Pelantikan dan Pembekalan Panwaslu Kelurahan/Desa ( PKD ) se-kabupaten Lombok Timur. 

"Hari ini juga bertepatan dengan hari kelahiran Pancasila". Ungkap salah satu komisioner.

Pelantikan ini dilaksanakan secara serentak oleh Panitia Penyelenggara di bawah Bendera Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) yang diadakan di Aula Kantor Camat Pringgabaya selaku tuan rumah. Pelantikan dan pembekalan ini secara serentak dikarenakan partisipasi serta atas kordinasi yang baik sehingga mendapat kesepahaman dari masing-masing komisioner pada di masing-masing kecamatan. Adapun di antara kecamatan yang ikut serta melaksanakan pelantikan serentak yaitu: Pringgabaya, Sambelia, Sembalun, Suela dan Wanasaba. Pada pelaksanaan pelantikan yang berlangsung Sabtu, 1 Juni 2024, jumlah total PKD secara keseluruhan berjumlah 54 Orang PKD yang tersebar di 5 Kecamatan untuk kemudian di kukuhkan. Dari jumlah keseluruhan, PKD terbanyak yang dilantik di Dapil 5 didominasi oleh Kecamatan Pringgabaya. 

Dalam kesempatan ini selain dihadiri oleh tuan rumah sendiri, juga dihadiri oleh beberapa tamu undangan dari unsur forkopimcam, PPK, Kapolsek, Danramil dan tamu lain yang berkepentingan menjadi saksi di sumpah janji tersebut. 

"Selamat atas diambil sumpahnya menjadi anggota PKD yang akan mengawal pemilu ini dari awal sampai akhir. Semoga benar-benar menjalankan segala sumpah yang ada pada Pakta Integritas-nya ". Sambutan Camat di wakili oleh Kecamatan Pringgabaya. 

"Sumpah dan janji yang kita ikrarkan hari ini akan menjadi tanggungjawab kepada manusia dan kepada alla SWT kelak. Mari bersama sama bersinergi melakukan pengawasan demi kesuksesan pemilu serentak tahun 2024 ini. " Pesan Panwascam 5 Kec. Diwakilkan oleh kec. Suela. 

Pada pemilihan ini semua yang telah dilantik hari ini akan menjaga dan memantau proses dan segala tahapan pemilu. Sebagai tupoksi inti dari PKD yaitu melakukan pengawasan berdasarkan undang-undang pemilu nomor 7 Tahun 2017. Dimana didalamnya mengatur segala bentuk tugas, wewenang, kewajiban. Baik, bersifat anjuran maupun larangan tertentu guna tercipta kondusifitas dalam keberlangsungan pilkada.

"Pada intinya Saudara-saudara Bapak ibu PKD yang terpilih, sumpah ini merupakan ikatan untuk kita tidak melanggar ketentuan ketentuan dalam pemilu dan tentu kami mendorong untuk membangun sinergi/kerjasama dari seluruh lapisan agar bersama sama menjaga pemilu sesuai asasnya (Jujur, Adil, Langsung, umum, bebas Rahasia) dan yang paling penting adalah menjaga kondusifitas di lingkungan Masyarakat." Tegas. Arahan Ketua Bawaslu Lombok Timur. 

Dikesempatan yang sama pula dalam pembekalan yang disampaikan oleh Pemateri kepada seluruh PKD terpilih untuk bekerja dengan sungguh-sungguh. 

"Sekali lagi saya ulangi teman-teman Bapak/Ibu jadilah penyelenggara yang baik dan benar. serta Proporsional". Sahut lantang Pemateri dalam pembekalan PKD Ibu Tuti Herawati,M.H.

Akhirnya, selamat Bertugas para sayap sayap bangsa. Sayap-sayap penegak Pancasila sayap-sayap penegak Keadilan berbangsa dan bernegara. Serta demi tegak nya konstitusi yang berlandaskan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945. Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakkan Pemilu.
#Salam Awas! 
"Pena PKD Kecamatan Pringgabaya".



Belum ada Komentar untuk "Pringgabaya Tuan Rumah: Pelantikan dan Pembekalan Panwaslu Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Se-Kabupaten Lombok Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel